Manfaat Kopi bagi Kesehatan

O iya lurd, kalau kalian dah hang out jangan lupa untuk pesan kopi lurd, cause yang namanya hang out itu pasti identik dengan minuman yang bernama kopi lurd. Ngomong-ngomong soal kopi, Bagi sebagian orang banyak yang beranggapan bahwa kopi termasuk dalam salah satu minuman yang tidak sehat dan berdampak buruk bagi kesehatan seseorang.Jika anda termasuk salah satunya, berarti anda harus membaca artikel ini, karena di artikel ini, kopi memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Karena menurut beberapa penelitian, kopi justru mempunyai khasiat yang baik dan banyak menyimpan kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seseorang.

Nah tapi anda tak lantas harus mengkonsumsi kopi secara berlebihan jika mendengar kata bermanfaat untuk kesehatan diatas, kopi bisa bermanfaat dengan syarat, asalkan dalam mengkonsumsi kopi ini secara bijak (tidak melebihi takaran dan sesuai aturan).

Oke dari pada ngalor ngidul tak jelas mending masuk kepembahasan utama yaitu manfaat kopi untuk kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini :

1. Mencegah Batu Ginjal
Peneliti di Harvard menemukan bahwa bagi wanita yang mengkonsumsi empat cangkir kopi sehari, akan mengurangi resiko 25 persen lebih rendah terkena penyakit batu ginjal. Selain itu, penelitian yang lainnya juga pernah melakukan hal tersebut sebelumnya dan ternyata hasilnya sama dengan peneliti Harvard.

2. Mengurangi Resiko Serangan Stroke
Dalam sebuah penelitian melalui studi kasus terhadap sejumlah wanita telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi dalam standar konsumsi yang baik, ternyata memiliki resiko lebih rendah terhadap serangan stroke daripada wanita yang tidak mengkonsumsi kopi. Hal itu didukung dengan hasil penelitian lain di Finlandia yang membenarkan hasil studi kasus tersebut.

3. Menurunkan Resiko Diabetes
Penelitian menemukan bahwa peminum kopi memiliki resiko lebih  rendah terkena diabetes tipe 2. Karena bagi orang yang mengkonsumsi emapat cangkir kopi dalam sehari, memiliki resiko terkena diabtes tipe 2 50 persen lebih rendah daripada orang yang tidak mengkonsumsi kopi. Hal tersebut telah melalui penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry yang telah diterbitkan pada awal bulan Januari 2012 tahun lalu.

4. Mencegah Kanker
Kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang terdapat di dalam kopi mampu mencegah tumbuhnya berbagai jenis kanker. Hal tersebut telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang terhadap sejumlah wanita, menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi 2 cangkir dalam sehari beresiko 25% lebih rendah terhadap serangan kanker usus besar.

5. Mencegah Depresi
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine pada tahun 2011 lalu, menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi dua atau tiga cangkir kopi setiap hari, 15 persen lebih rendah memiliki resiko terkena depresi. Sementara bagi wanita yang mengkonsumsi empat gelas kopi setiap hari, 20 persen lebih rendah terkena depresi.

6. Mengurangi Resiko Liver
Kopi telah teruji mampu mencegah sirosis hati dan beberapa penyakit hati lainnya, seperti mengurangi resiko penyakit liver. Hal ini di karenakan tingginya kandungan antioksidan serta kandungan kafein yang terdapat dalam setiap biji kopi.

7. Mencegah Resiko Kanker Mulut dan Melindungi Gigi
Senyawa yang terdapat di dalam kopi dapat bermanfaat untuk mencegah kanker mulut dan membatasi pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu saja, ternyata kopi juga memiliki sifat anti bakteri dan anti perekat yang sangat baik untuk memungkinkan menyembuhkan gigi dari berbagai masalah kesehatan mulut, seperti gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi pada gusi.

8. Mengurangi Rasa Sakit Kepala
Menurut Seimur Damond, M,D dari Chicago ‘s Diamond Hadche Clinic, bahwa kandungan kafein yang terdapat didalam kopi dapat mengurangi penderita sakit kepala. Hal tersebut membuktikan bahwa penderita sakit kepala atau migrain ringan telah terbukti dapat disembuhkan dengan meminum kopi pekat.

9. Mempertajam Ingatan
Sebuah penelitian pada tahun 2005 lalu yang dilakukan oleh Radiological of North America, ditemukan bahwa mengkonsumsi dua kopi berkafein dapat membantu meningkatkan ingatan jangka panjang dan pendek dengan kecepatan reaksi seseorang. Uniknya, hal tersebut hanya dapat berlaku bagi wanita saja, tidak berlaku bagi pria.

10. Meningkatkan Metabolisme
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan metabolisme, terutama bagi wanita. Selain itu, kopi juga dapat membantu sahabat untuk menjaga atau menuunkan berat badan yang berlebih.

Nahh,, udah tau kan tentang manfaat kopi bagi kesehatan. So, sekarang tinggal pendapat dulur-dulur bagaimana, apakah masih beranggapan negative tentang kopi atau bagaimana kah..

Semoga sedikit info ini bisa bermanfaat bagi dulur-dulurku:D
Terima kasih dan sampai jumpa :)

0 Response to "Manfaat Kopi bagi Kesehatan"

Poskan Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme